Nur Afni

Anak ayam berpuluh-puluh, Buat barisan ditepi jalan, Tuntut ilmu bersungguh-sungguh, Sebagai bekal hari kemudian

Sabtu, 10 November 2012

Antarmuka Komputer




Antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang ‘bersentuhan’ langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).

 

Command Line Interface (CLI)
CLI adalah salah satu tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.

tiap-tiap sistem operasi memiliki istilah yang berbeda untuk CLI-nya meskipun konsep yang dimilikinya sama.
Contoh :
  • UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya.
  •  Microsoft Disk Operating System memberi nama command.com atau Command Prompt.
  • Windows Vista, menamakannya PowerShell.
  • Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal
  • Apple namanya adalah commandshell.
Graphical User Interface (GUI)
GUI adalah salah satu  tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball.  Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep window, icon, menu, pointing device (WIMP)

*      Mikrokontroler ( menggunakan port )
Antarmuka ini dimaksudkan agar data yang diperoleh dari mikrokontroler kemudian dapat dihubungkan dengan komputer dan kemudian dapat diproses lebih lanjut,
Dari beberapa teknik antar muka mikrokontroler diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

1.  melalui port paralel

Antar muka dengan menggunakan port parallel itu menggunakan komunikasi parallel yang dihubungkan dengan 8 bit data dalam mikrokontroler.
Kelebihan: sistem antarmuka yang paling cepat daripada sistem antarmuka lainnya.
Kekurangan: membutuhkan jumlah sambungan yang banyak.

2. dengan menggunakan serial port

Sistem ini banyak digunakan saat ini. Bagaimana dengan kecepatan transfernya? Kecepatan transfer dari komunikasi ini bergantung pada baudrate (jumlah data yang dapat ditransfer melalui sebuah interface serial) dari komunikasi serial diantara kedua piranti tersebut, yaitu komputer dan mikrokontroler harus mempunyai nilai baudrate (jumlah byte per detik) yang sama, Misal baudrate 2100, maka komunikasi itu dapat mentransfer data sebanyak 2100 byte data per detik.

3. menggunakan usb

Saat ini komputer sudah dilengkapi dengan usb, serta sebagaian besar tambahan komputer juga telah menggunakan usb, usb sangat popular saat ini. Lalu, Apakah fungsi usb itu? Usb digunakan  untuk menghubungkan dari perangkat luar (flashdisk , Handphone , dll)  ke komputer, seperti transfer data  seperti gambar,foto, dll.
Sistem antar muka antara mikrokontroler dan komputer melalui usb sebenarnya sama dengan antar muka melalui port serial. Jadi data serial dari mikrokontroler dihubungkan terlebih dahulu ke konverter serial – USB kemudian dihubungkan ke port usb. Jadi, program interface dalam komputer  tersebut dapat menerima data tersebut sebagai data serial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar